Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jual Beli Saham Online untuk Pemula

Cara Jual Beli Saham Online untuk Pemula

Cara Jual Beli Saham Online untuk Pemula

Setelah memiliki rekening saham, RDI dan telah mendownload aplikasi trading saham online. Berikutnya adalah bagaimana cara jual beli saham online. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan transaksi jual beli saham online dengan aplikasi trading:

1. Download Aplikasi Trading Terpercaya

Setelah mendapatkan ID, Password dan PIN, artinya kamu sudah dapat memulai berinvestasi saham. Kamu dapat mengunduk aplikasi trading yang disediakan oleh broker baik di AppStore atau PlayStore atau langsung dari website broker tempat kamu mendaftarkan diri membuka rekening saham.

2. Memasukan Deposit Awal

Rata-rata sekuritas mematok deposit awal sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Beberapa sekuritas asing malahan memberi syarat setoran minimal hingga Rp 50 juta. Namun ada juga beberapa sekuritas yang memperbolehkan setoran minimal sebesar Rp 250 ribu, atau bahkan Rp 100 ribu saja. Kamu tinggal memilih mana yang cocok dengan kondisi keuangan dan kebutuhanmu

Deposit awal disetorkan ketika proses pembukaan RDI telah selesai. Menyetorkan deposit awal juga bertujuan untuk mengaktifkan rekening saham yang kamu buka. Kamu dapat menyetor secara tunai atau transfer dari rekening pribadi ke RDI.

Berikut tahapannya:

  • Siapkan dana dari tabungan dan setor ke nomor RDN milikmu.
  • Penyetoran dapat ditransfer lewat ATM, mobile banking, ataupun internet banking.
  • Tunggu sebentar setelah transfer ke RDN.
  • Kemudian cek dana yang masuk di aplikasi online trading yang telah di-install.

Setelah menyetorkan deposit awal, kamu tinggal menunggu dikirimkan ID, Password dan PIN untuk dapat login ke akun saham online. Selain itu kamu juga akan mendapatkan kartu Akses KSEI.

3. Mulai Transaksi Jual Beli Saham Online

Setiap aplikasi pasti memiliki pengaturan sistem transaksi jual beli sahamnya masing-masing. Kamu hanya perlu menonton video atau keterangan tutorial/langkah-langkahnya dari aplikasi trading yang kamu download.

Minimal pembelian saham itu adalah 1 lot. Pembelian 1 lot saham ini sama dengan pembelian 100 lembar saham. Begitu juga dengan jual saham. Saham dijual minimal dalam besaran 1 lot.

Setiap transaksi beli dan jual saham akan dikenakan fee transaksi sesuai kebijakan perusahaan sekuritas masing-masing. Saham yang ada di BEI punya harga yang variatif. Harga tersebut mencerminkan nilai perusahaan.

Semakin rendah harganya maka semakin banyak lot yang kamu bisa miliki. Dan semakin tinggi harga, semakin sedikit lot yang kamu beli.

4. Mengubah Order Saham Online

Setelah melakukan transaksi saham, kamu bisa mengubah harga beli atau harga jual saham. Pada aplikasi saham online fitur ini tersedia ketika kamu melakukan perdagangan saham. Jika posisi yang kamu pasang tidak terjadi, maka kamu bisa lihat posisi yang tersedia di pasar saat itu. Setelah itu kamu bisa ubah harga sesuai kondisi pasar modal.

5. Penyelesaian Transaksi Jual Beli Saham

Pada transaksi saham, penyelesaiannya atau settlement bisa dilakukan dua hari sejak transaksi. Harganya pun sesuai dengan transaksi yang dilakukan dua hari sebelumnya. Jika tidak melakukan settlement pada waktu yang telah ditentukan, kamu akan dikenakan denda sebesar 45 persen per tahun.

6. Lakukan Stock Screener

Untuk yang masih awam dengan dunia saham, bisa memilih saham dengan mudah lewat fitur Stock Screener yang telah disediakan platform broker saham online. Fitur ini membantu kamu yang ingin membeli saham berkualitas.

Caranya adalah:

  • Tentukan kriteria dengan cara melihat laporan keuangan atau meminta saran dari pihak yang berpengalaman.
  • Lakukan riset yang bisa kamu contoh dari beberapa investor ternama dan berpengalaman.

Saham Online Bikin Investasi jadi Menyenangkan

Dengan adanya fitur saham online. Kamu tidak perlu lagi takut tidak bisa mengikuti alur/cara kerja investasi saham. Karena dengan aplikasi trading saham online yang ada saat ini sudah sangat canggih. Sehingga bisa memberikan kamu kemudahan dalam memahami bermain saham online. Dan tentunya menentukan strategi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jangan buang waktu lagi, raih goal finansial mu dengan mudah lewat investasi saham online. Sumber: cermati.com

Posting Komentar untuk "Cara Jual Beli Saham Online untuk Pemula"