Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Rekening dan Jual Beli Saham untuk Pemula

Cara Buka Rekening dan Jual Beli Saham untuk Pemula

Cara Buka Rekening dan Jual Beli Saham untuk Pemula

Di waktu serba mutakhir saat ini, berinvestasi juga lebih diringankan. Salah satunya jenis investasi mutakhir yang saat ini banyak disukai dengan potesi keuntungan yang tinggi yakni investasi saham online. Investasi saham online sendiri, punya panggilan yang lain adalah tranding saham digital

Saham online sendiri sebagai jenis saham yang serupa seperti investasi saham secara umum, baik itu saham biasa maupun saham preferen. Bedanya cuman berada di kesibukan bisnis nya. Adalah kesibukan beli jual saham dikerjakan lewat cara online baik lewat satu program atau website.

Baca Juga: Fakta Tentang Olymp Trade

Baca Juga: 5 Sikap Yang Seharusnya Dilakukan Trader

Buka Rekening Saham Online untuk Pemula

Dengan beli saham sebuah perusahaan, mempunyai arti kamu jadi pemilik perusahaan itu. Kamu bisa berbisnis, jual-beli saham atau dampak di BEI lewat sekuritas. Akan tetapi saat sebelum sah jadi investor serta berbisnis saham, kamu harus punyai rekening saham. Berikut cara buka rekening saham online:

1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Dokumen pribadi yang harus dipersiapkan berupa:

  • ID Card: KTP/KITAS/Passport, ID Card adalah syarat wajib bagi yang ingin membuka rekening saham. Untuk WNI, maka syarat wajib yang diperlukan adalah KTP, tidak bisa digantikan dengan SIM atau Passport. Sementara bagi WNA, maka syarat KITAS/Passport menjadi syarat wajib juga.
  • NPWP juga menjadi syarat wajib saat pembukaan rekening efek. Bila belum mempunyai NPWP, dapat meminta surat pada sekuritas tempat mendaftar rekening untuk membuat pernyataan tidak memiliki NPWP, yang ditandatangani di atas materai
  • Cover Buku Tabungan juga termasuk salah satu syaratnya. Dengan adanya cover buku tabungan, memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah. Bila nantinya nasabah ingin menarik uangnya dari rekening saham, rekening inilah yang jadi bank penampungan tiap kali melakukan penarikan dana. Kamu pun dapat mengintegrasikan rekening bank Kamu menjadi RDI dengan berkonsultasi pada broker.
  • No Identitas KSEI, persyaratan ini hanya berlaku apabila kamu sebelumnya sudah memiliki rekening saham dan ingin membuka rekening kedua.
  • Fotokopi KTP suami untuk yang ibu rumah tangga, fotokopi NPWP suami, dan juga fotokopi Kartu Keluarga biasanya juga perlu disertakan.
  • Meterai Rp 6.000, bisa juga sediakan uang untuk membeli meterai. Meterai yang dibutuhkan antara 2-8 meterai, bergantung pada kebutuhan.

2. Menentukan Perusahaan Sekuritas Saham Online yang Tepat

Berikut daftar perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas pendaftaran online.

Perusahaan Sekuritas

Alamat Website

BCA Sekuritas

bcasekuritas.co.id/account-opening/retail

BNI Sekuritas

bnisekuritas.co.id/onlinetrading/registrasi/

CGS-CIMB Sekuritas

register.cgs-cimb.co.id

Ekuator Swarna Sekuritas

ie-registration.ekuator.co.id

Indo Premier Sekuritas

indopremier.com/lpregister

Jasa Utama Capital Sekuritas

register.juc.co.id

Mandiri Sekuritas

register.most.co.id

MNC Sekuritas

mncsekuritas.id/opening_account/2

Mirae Asset Sekuritas

open.miraeasset.co.id/id

Panin Sekuritas

register.pans.co.id

Phillip Sekuritas

poems.co.id/Home/OpenAccount

Sinarmas Sekuritas

financial.sinarmassekuritas.co.id/simas.net/reginternet/reginternet.asp?digisign=DGS

Trimegah Sekuritas

trima.trimegah.id/register

Putuskan yang terbaik dengan keperluan kamu, daftarkan diri dengan isikan formulir online Dengan komplet serta jujur.

3. Isi Formulir

Isi formulir pembukaan rekening, tergolong rekening saham serta rekening dana investor. Pengisian formulir seperti waktu buka rekening di bank. Isi tiap kolom pada formulir pembukaan akun secara benar. Janganlah lupa lampirkan kriteria pembukaan rekening yang berwujud kelompok document individu sama hal yang diperjelas pada point di atas.

4. Buka RDI

Seusai tuntas isikan formular pembukaan rekening saham. Kamu isikan formulir lain untuk pembukaan RDI (rekening dana investor). RDI yakni rekening dari dana Anda, yang diletakkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan resiko.

Faedah RDI ini yakni supaya Anda punya rekening bank sendiri untuk semua penuntasan bisnis saham Anda. RDI ini sendiri betul-betul memiliki tujuan untuk menaruh dana konsumen yang tak dibelikan saham.

RDI tidak sama dengan pembukaan rekening saham yang disebut persyaratan untuk buka rekening di perusahaan sekuritas dan untuk data yang dikatakan pada Kustodian Utama Resiko Indonesia (KSEI). Di mana gunanya untuk menaruh asset saham yang dipunyai.

Pembelahan rekening ini barangkali dilihat sedikit menyulitkan tetapi maksud dari pembelahan ini yakni untuk keamanan dana faksi investor.

5. Tunggu Proses Pembukaan Rekening Tuntas

Lama waktunya pembukaan rekening ini tergantung pada RDI yang putuskan. Umumnya waktu proses pembukaan rekening menghabiskan waktu kira-kira 1 minggu. Seusai proses pembukaan rekening tuntas, kedepannya investor bakal divalidasi bernomor RDI yang dibuka.

Posting Komentar untuk "Cara Buka Rekening dan Jual Beli Saham untuk Pemula"